Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan merupakan suatu komitmen berkelanjutan Perseroan dalam memberikan kontribusi kepada perkembangan ekonomi masyarakat terutama yang berada dekat dengan Perseroan.

Perseroan menyadari bahwa keberadaan Perseroan tidak semata untuk menghasilkan keuntungan finansial semata, tetapi juga untuk membangun kehidupan sosial dan ekonomi secara berkesinambungan.

Pada tahun 2020, biaya untuk kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang dikeluarkan oleh Perseroan adalah sebesar Rp 932.035.000 dengan fokus kegiatan pada program untuk membantu pemerintah dalam menangani penyebaran dan penanggulangan wabah Covid-19. Disamping itu, Perseroan tetap melanjutkan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

TANGGUNG JAWAB TERHADAP LINGKUNGAN

Perseroan menyadari bahwa lingkungan adalah aspek yang penting, sehingga dalam menjalankan kegiatan usahanya Perseroan berupaya untuk senantiasa memperhatikan aspek ramah lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Sejak tahun 2005, Perseroan secara terus menerus telah memperoleh ISO 14001:2015. Hal ini merupakan wujud komitmen Perseroan dalam rangka pemenuhan standar lingkungan hidup. Sertifikasi ISO 14001:2015 ini terakhir kali diperpanjang pada tahun 2020 dan berlaku hingga 2023.

Disamping itu, Perseroan secara berkala juga melakukan pengelolaan dan pemantauan uji nilai ambang batas lingkungan. Selain itu, guna mengantisipasi banjir yang biasanya datang pada saat musim hujan, Perseroan secara berkala melakukan pembersihan saluran air dan gorong – gorong terutama di lingkungan Perseroan dan juga pengaturan tugas untuk menghidupkan dan mematikan pompa air serta pembersihan filter pompa air.

Mengenai mekanisme pengaduan masalah lingkungan tentang tindakan yang diambil oleh Perseroan yang kemungkinan dapat merusak lingkungan, dapat disampaikan kepada Perseroan melalui website/email Perseroan. Seluruh laporan yang masuk diterima dan akan ditindaklanjuti oleh Perseroan.

Pada tahun 2020, tidak ada pengaduan mengenai masalah lingkungan tentang tindakan yang diambil oleh Perseroan yang kemungkinan dapat merusak lingkungan.

TANGGUNG JAWAB KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Perseroan memiliki tanggung jawab terhadap pengelolaan tenaga kerja/karyawan sebagai sumber daya manusia berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Perseroan menyadari bahwa kerjasama yang harmonis, profesional dan produktif harus diwujudkan dalam hubungan ketenagakerjaan.

Perseroan memberlakukan kesetaraan gender dalam memberikan kesempatan kerja dan jenjang karir terhadap Karyawan. Untuk meningkatkan kompetensi Karyawan, pendidikan dan pelatihan Karyawan juga diadakan oleh Perseroan, baik dengan mengadakan pelatihan yang diselenggarakan secara internal maupun eksternal sesuai dengan kebutuhan bidang masing-masing.

Pada tahun 2020, pendidikan dan pelatihan yang diadakan Perseroan untuk meningkatkan kompetesi Karyawan antara lain sebagai berikut:

Perseroan juga memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan dan keselamatan kerja Karyawan. Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan hal yang penting dalam mendukung kinerja kerja karyawan di Perseroan. Oleh karenanya, untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan karyawan Perseroan terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Perseroan melakukan pembuatan infrastruktur Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan juga pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan wabah Covid-19 sebagai pandemi global pada bulan Maret 2020, Perseroan sesuai dengan arahan yang ditetapkan oleh Pemerintah telah menerapkan kebijakan untuk membantu Pemerintah dalam pencegahan penyebaran dan penanggulangan wabah Covid-19, terutama di lingkungan Perseroan.

Perseroan menyadari bahwa wabah dan penyebaran Covid-19 telah membawa pengaruh pada kehidupan manusia dengan cara yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Untuk itu, hal terutama yang Perseroan lakukan adalah memberikan edukasi kepada seluruh Karyawan untuk membiasakan diri dengan Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di tempat kerja dengan membiasakan diri pada hal - hal sebagai berikut:

  1. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun.
  2. Membiasakan Karyawan mencuci tangan saat tiba di Kantor, sebelum makan, setelah kontak dengan dengan orang lain, setelah dari kamar mandi, dan setelah memegang benda yang kemungkinan terkontaminasi.
  3. Membudayakan etika batuk dengan menutup mulut dan hidung.
  4. Menjaga jarak aman, dan anjuran berjemur matahari saat jam istirahat.
  5. Menyediakan makan makanan dengan gizi seimbang dan vitamin.
  6. Menghimbau Karyawan untuk menghindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat sholat, alat makan, dan lain lain.

Untuk mendukung hal tersebut, Perseroan juga menambah dan melengkapi fasilitas tempat kerja dengan:

  1. Memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala dengan menggunakan pembersih dan desinfektan.
  2. Menjaga kualitas udara tempat kerja dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan kerja, serta melakukan pembersihan filter AC.
  3. Menyediakan lebih banyak sarana cuci tangan.
  4. Memasang poster poster edukasi, antara lain cara mencuci tangan yang benar dan cara pencegahan penyebaran Covid-19.
  5. Menyediakan handsanitizer di tempat-tempat yang strategis.

Prioritas utama Perseroan adalah tetap pada kesehatan dan keselamatan karyawan.

Secara rutin setiap tahunnya, Perseroan bekerjasama dengan Rumah Sakit swasta yang ditunjuk oleh Perseroan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan karyawan yang meliputi pemeriksaan mata, fisik, darah, urine dan rongent thorax/ dada. Selain untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan-karyawannya, Perseroan melakukan pemeriksaan kesehatan ini untuk memenuhi peraturan Depnaker yang mewajibkan pemeriksaan kesehatan secara berkala dan pemenuhan standar OHSAS / HIRA.

Perseroan juga telah memperoleh sertifikasi OHSAS 18001:2007. Hal ini merupakan bukti komitmen Perseroan untuk menerapkan sistem manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang bertujuan untuk melindungi tenaga kerja terhadap risiko kesehatan dan keselamatan kerja. Sertifikasi ini terakhir diperpanjang pada tahun 2017 dan berlaku hingga tahun 2020.

Selain itu, pada tanggal 14 Juli 2017, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 201 Tahun 2017, Perseroan memperoleh Sertifikat Penghargaan Sistem Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Sertifikat ini diperoleh Perseroan sebagai apresiasi karena Perseroan telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Sertifikat ini berlaku hingga tahun 2023.

Mengenai mekanisme pengaduan permasalahan ketenagakerjaan, Karyawan dapat menyampaikan keresahan mereka terkait dengan kejadian di tempat kerja kepada atasan kerja Karyawan yang bersangkutan, dan dalam hal tidak dapat diselesaikan, akan dilakukan mekanisme Bipartit yang akan difasilitasi oleh bagian HR Perseroan.

Pada tahun 2020, tidak ada pengaduan permasalahan ketenagakerjaan.

TANGGUNG JAWAB TERHADAP PENGEMBANGAN SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Sebagai bagian dari masyarakat, Perseroan selalu aktif terlibat dalam kegiatan di lingkungan sekitar Perseroan, dengan memberikan donasi/sumbangan untuk perbaikan sarana dan prasarana sosial seperti tempat ibadah ataupun bakti sosial.

Dalam bidang pendidikan, secara khusus Perseroan menyelenggarakan kegiatan sebagai berikut:

Beasiswa

Sebagai bentuk apresiasi Perseroan terhadap siswa yang berprestasi, Perseroan memiliki program beasiswa yang diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama. Pada tahun 2020 siswa berprestasi yang telah menerima beasiswa dari Perseroan adalah sebagai berikut:

Selama ini Perseroan juga bekerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi di Indonesia dengan memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Perseroan.

PROGRAM-PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN DAN KERJA

Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian dibidang Kesehatan, khususnya diawal Pandemi Covid-19, Perseroan melaksanakan kegiatan sebagai berikut :

  1. Memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) seperti Baju Hazmat, Face Shield dan Safety Shoes ke Rumah Sakit Rujukan Covid 19 yaitu Wisma Atlet Kemayoran bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia.
  2. Memberikan bantuan berupa Baju Hazmat, Face Shield, Safety Shoes, Hand Sanitizer dan Thermometer kepada Posko Bantuan Penanggulangan Wabah Covid-19 melalui Rumah Sakit St. Carolus- Jakarta.
  3. Memberikan bantuan berupa Baju Hazmat, Face Shield, Safety Shoes dan Thermometer melalui PT PLN (Persero).

TANGGUNG JAWAB TERHADAP PRODUK

Tanggung jawab terhadap produk diwujudkan untuk senantiasa memberikan produk kabel yang berkualitas dan terjamin keamanannya. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Produk kabel yang berkualitas tersebut diwujudkan Perseroan mulai dari pemilihan bahan baku berkualitas serta penerapan kontrol kualitas produk dalam setiap tahapan produksi.

Pelaksanaan siklus keamanan pengadaan kabel berkualitas mencakup kebijakan, perencanaan, penerapan, evaluasi, tinjauan manajemen, dan perbaikan. Hal ini senantiasa dijalankan oleh Perseroan dari tingkat korporat hingga tingkat proyek.

Sejak tahun 1994, Perseroan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008. Pada tahun 2010, Perseroan juga telah berhasil memperoleh sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) berdasarkan PERMEN No. 109/M-IND/PER/10/2010, PERMEN No. 42/M-IND/PER/10/2010 dan JUKNIS No.02/BIM/ PER/11/2010. Disamping itu, sebagai penerapan terhadap Sistem Manajemen Mutu, Perseroan sejak tahun 2016 telah mendapatkan Sertifikat SNI ISO 9001:2008. Sertifikat ini berlaku hingga tahun 2021.

Perseroan juga memiliki Sertifikat Sistem Pengawasan Mutu (SPM) dari PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi berdasarkan Peraturan Direksi PT PLN (Persero) N0. 0069.P/DIR/2016 untuk produk Hantaran, Kabel Tegangan Rendah, Kabel Tegangan Menengah, Kabel Tegangan Tinggi.

Pada tahun 2016, Perseroan berhasil memperoleh sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk produk Kawat Enamel dari PT Sucofindo (Persero), Sucofindo International Certification Services.

Perseroan juga berhasil memperoleh Sertifikat Pabrikan Jaringan Telekomunikasi dari Badan Sertifikasi CIQS 2000 PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk produk Kabel Telekomunikasi Serat Optik.

Hal-hal tersebut dilakukan Perseroan untuk memastikan kualitas produksi Perseroan sesuai dengan spesifikasi kualitas yang ditentukan oleh masyarakat pengguna produk kabel Perseroan.

Pengaduan konsumen dapat disampaikan kepada Perseroan melalui website/email Perseroan, dan atas pengaduan konsumen yang masuk diterima dan akan ditindaklanjuti oleh Perseroan. Secara berkala Perseroan juga melakukan “Customer Satisfaction Survey” yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk Perseroan.

Pada tahun 2020, tidak ada pengaduan konsumen kepada Perseroan.